SEKILAS INFO
: - Tuesday, 25-06-2024
  • 2 tahun yang lalu / Cendekiawan Muslim VI ? Sudah daftar belum….?
  • 4 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi Muhammadiyah Boarding School (MBS) Tarakan.
Usaha Yang Tidak Mengkhianati Hasil, MBS Tarakan Taklukkan Debat Provinsi  BAWASLU Tahun 2022

Tarakan- Jumat, 19 Agustus 2022 bertempat di Swiss-Belhotel Kota Tarakan telah berlangsung kompetisi Debat Pelajar SMA/SMK/MA TINGKAT PROVINSI KALIMANTAN UTARA yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) KALIMANTAN UTARA .

Lomba ini berlangsung selama dua hari (18-19, Agustus 2022) dan merupakan strategi baru BAWASLU KALTARA dalam melakukan pengawasan partisipatif untuk pemilih pemula dan sebagai bentuk sosialisasi kemasyarakatan terhadap pemilu Tahun 2024. Muhammadiyah Boarding School (MBS) dan SMA Negeri 3 Tarakan dipercaya sebagai perwakilan Kota Tarakan setelah berhasil menjuarai lomba sejenis pada tingkat Kota sebelumnya ( https://mbstarakan.sch.id/mbs-tarakan-goes-to-provinsi-dalam-kompetisi-debat-pelajar-tingkat-sma-smk-ma-se-kota-tarakan/ ).

MBS berhasil melaju pada tahap akhir setelah melewati babak Penyisihan dan Semi Final kemarin (18/08), selanjutnya kembali berkompetisi dibabak Final pagi tadi (19/08) melawan SMA Negeri 1 Nunukan, SMA Negeri 1 Tanjung Selor, dan SMA Negeri 1 Malinau. Kompetisi berjalan dengan baik dengan berbagai mosi yang menarik yang telah ditentukan oleh pihak panitia. Uniknya berbeda dari kompetisi debat lainnya, peserta debat tidak diperkenankan membawa naskah argumentasi secara utuh melainkan hanya catatan kecil sebagai bahan dan referensi dalam menyampaikan argumen.

Perwakilan MBS sukses dan lancar dalam menyampaikan argumentasi, argumentasi disampaikan dengan analisis dan penggunaan bahasa yang beragam baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Akhirnya MBS Tarakan berhasil menjuarai kompetisi ini dengan membawa pulang Piala Juara 3  periode Lomba Debat pertama yang telah di adakan BAWASLU KALTARA pada tahun ini, karena kita ketahui barsama bahwa di tahun sebelumnya BAWASLU dalam melakukan pengawasan partisipatif untuk pemilih pemula dan sosialisasi kemasyarakatan terhadap pemilu hanya dengan melalui kunjungan-kunjungan tidak melalui sebuah kompetisi (jelas anggota BAWASLU Kota Tarakan).

Penulis,Editor

Eng, Agp

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda

Maps Sekolah

Pengumuman

PEMBUKAAN PENERIMAAN SANTRI BARU MBS TARAKAN TA 2024/2025

CENDEKIAWAN MUSLIM VI

Pembukaan Penerimaan Santri Baru MBS Tarakan Tahun 2021/2022