SEKILAS INFO
: - Sunday, 26-09-2021
  • 11 bulan yang lalu / Penerimaan Santri Baru Tahun Ajaran 2021/2022 resmi dibuka
  • 1 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi Muhammadiyah Boarding School (MBS) Tarakan.
Pentingnya kerbersihan diri sendiri  (Personal Hygine)

Kebersihan amat erat kaitannya dengan kesehatan, ketika seseorang perduli dan tanggap akan kebersihan, maka kesehatannya pun akan terjaga pula. Agama kita yaitu Islam sungguh luar biasa dalam memberikan perhatian terhadap persoalan kesehatan. Karena kesehatan merupakan salah satu unsur penunjang utama dalam melaksanakan berbagai hal, baik itu bekerja maupun dalam pelaksanaan aktivitas ibadah kepada Allah Swt.Kebersihan diri tidak hanya penting bagi kita, namun juga bagi orang di sekitar kita. Kebersihan diri seseorang dapat berdampak pada bagaimana cara orang lain melihat dan memperlakukan kita, sehingga dapat dikatakan bahwa hal ini bisa membantu kita untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Menjaga kebersihan diri merupakan hal yang sangat penting terutama untuk menjaga diri kita tetap sehat, dan mengurangi risiko diri kita maupun orang terdekat terserang penyakit. Banyak penyakit yang tersebar saat bakteri berbahaya pindah dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung, seperti bersentuhan dengan orang yang terinfeksi, atau kontak tidak langsung, seperti menyentuh suatu barang yang telah disentuh oleh orang yang terinfeksi. 

Oleh karena itu, membersihkan diri dengan menyeluruh merupakan hal yang sebaiknya tidak terlewatkan. Langkah pertama yang penting untuk dilakukan adalah mandi memakai air bersih dan sabun mandi. Mandi dengan sabun pembersih yang baik bisa menghilangkan lemak, kotoran, dan bakteri yang menumpuk di siang hari dan mencegah masalah seperti bau badan.

Hal ini kerap terjadi dikalangan santri karena kurangnya pengetahuan tentang pentingnya kebersihan diri sendiri/personal hygine sehingga dapat berdampak pada kesehatan mereka sendiri.

  • Contoh kecil yang sering terjadi adalah alergi jamur seperti Dermatofitosis/kurap yang disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit  dan Scabies/kudis yang disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabiei   di karenakan kurangnya kesadaran diri sendiri tentang pentingnya personal hygine. Dalam artian ini penyebab alergi jamur yang sangat berpengaruh dikalangan santri adalah kebersihan saat mandi, kebersihan tempat tidur dan kebersihan mencuci pakaian atau bahkan jarangnya mencuci pakian dan dipakai berkali-kali ini sangat berdampak pada kesehatan kulit sehingga mudah terkena infeksi jamur.
  •  Gejalanya berupa terasa gatal pada kulit, kemerahan pada kulit,terasa perih dan  bahkan sampai mengeluarkan cairan berupa nanah yang bercampur darah.
  • Pencegahannya santri dapat menjaga kebersihan diri sendiri/personal hygine, disamping itu hindari berbagi pemakaian barang pribadi dengan santri yang lain seperti pakaian,sabun mandi dan handuk.

Ketika santri mampu menerapkan pencengahan tersebut, maka mereka secara tidak langsung telah menjaga kesehatan dan tidak mudah terserang penyakit.

(Rezi Putri, Atthy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda

Maps Sekolah

Pengumuman

Pembukaan Penerimaan Santri Baru MBS Tarakan Tahun 2021/2022

PENGUMUMAN KELULUSAN KELAS 9 TAHUN AJARAN 2019/2020