SEKILAS INFO
: - Friday, 30-09-2022
  • 1 tahun yang lalu / Cendekiawan Muslim VI ? Sudah daftar belum….?
  • 2 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi Muhammadiyah Boarding School (MBS) Tarakan.
Guru Inovatif, di Masa Pandemi

Tahun 2019 – 2022 dunia mengalami cobaan luar biasa. Virus Covid 19 atau coronavirus menular hampir keseluruhan belahan dunia. Manusia harus beradabtasi dengan kondisi yang ada. Jutaan manusia di setiap negara meninggal karena virus. Data orang meninggal diperlihatkan sebagaimana data hitung cepat pemilu raya suatu negara.

Semua sektor terdampak virus covid 19, tak terkecuali dunia pendidikan di Indonesia. Bulan maret 2019, sekitar 3 bulan setelah kejadian pertama kasus covid 19 di Depok, Jawa Barat, seluruh kegiatan di berbagai sektor dihentikan. mobilisasi massa dikurangi, termasuk sekolah.  Istilah Belajar Dari Rumah (BDR) direncanakan. Berbagai Platform menawarkan solusi BDR.

Sebagai bagian penting dari dunia pendidikan seorang guru dituntut memiliki daya inovasi luar biasa termasuk menghadapi program BDR. Untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta didik, guru menghadirkan banyak solusi untuk menjawab tantangan tersebut. Salah satunya adalah Bayu Kurniawan S. Pd. Sebagai guru matematika di Muhammadiyah Boarding School Tarakan (MBS Tarakan) Ustadz Bayu, begitu biasanya beliau dipanggil,  menjawab tantangan BDR dengan menggunakan aplikasi youtube. Dengan menggunakan By math official ustadz Bayu konsisten untuk membuat video edukasi berkaitan dengan materi yang akan diajarkannya. Gaya bicara khas youtuber Ustadz Bayu menawarkan pembelajaran matematika yang ringan dan mudah dimengerti oleh peserta didiknya.

Inovasi yang dihadirkan Ustad Bayu Kurniawan S. Pd diberi kesempatan untuk berkolaborasi dengan Dosen Universitas Borneo Tarakan untuk melakukan pengembangan Mikro konten pada pembelajaran matematika. Hasil dari kolaborasi tersebut diseminasikan pada bulan November 2020 lalu. Dalam diseminasi tersebut menghadirkan guru-guru seluruh Indonesia sebagai peserta dan Dosen Universitas Borneo Tarakan sebagai pembedah.

Setelah melakukan diseminasi, selanjutnya inovasi ustadz Bayu dirampungkan dalam jurnal pengabdian masyarakat berlisensi internasional terakrditasi peringkat 4. Ustadz Bayu Kurniawan, seorang guru dari provinsi muda di Indonesia telah membuktikan bahwa keadaan tidak dapat menghentikan seorang guru untuk menghadirkan inovasi. Semoga ditahun-tahun mendatang akan hadir Bayu kurniawan baru yang dapat menghadirkan solusi dari permasalahan yang ada.

 _Agp,atthy_

TINGGALKAN KOMENTAR

Agenda

Maps Sekolah

Pengumuman

CENDEKIAWAN MUSLIM VI

Pembukaan Penerimaan Santri Baru MBS Tarakan Tahun 2021/2022

PENGUMUMAN KELULUSAN KELAS 9 TAHUN AJARAN 2019/2020