SEKILAS INFO
: - Saturday, 29-02-2020
  • 4 bulan yang lalu / Selamat datang di website resmi Muhammadiyah Boarding School (MBS) Tarakan.
Kaligrafi / Khat

Kaligrafi merupakan serapan kata dari bahasa inggris calligraphy yang berarti tulisan indah, kata tersebut diambil dari bahasa yunani callos  yang berarti indah dan graph yang berarti tulisan. Selain kata kaligrafi, di Indonesia juga mengenal kosa kata lain yang sama dengan kaligrafi yaitu khat. Kata tersebut merupakan kosa kata dari bahasa arab. Lebih spesifiknya khat  bukan sekedar tulisan indah, didalamnya terdapat disiplin ilmu yang mempelajari tentang anatomi huruf hijaiyyah, cara merangkai tiap huruf, cara menata tiap kalimat, dan cara memilih huruf. Kaligrafi atau khat

Karya Kaligrafi / Khat Santri/wati

 merupakan salah satu hasil dari peradapan Islam. Pengaplikasian kaligrafi dapat dijumpai di berbagai dinding-dinding masjid, istana, kramik, dan lain lain sebagai hiasan. Selain itu lebih dalam lagi kaligrafi digunakan juga pada manuskrip/ teks dan mushaf Al-Qur’an sehingga keberadaannya sangat penting bagi Islam.
Terdapat dua jenis kaligrafi arab/ khat yaitu kaligrafi kontemporer dan kaligrafi klasik. Kaligrafi klasik adalah kaligrafi yang taat dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

 

Agenda

Maps Sekolah

Pengumuman

PERPULANGAN SANTRI/WATI

Pembukaan Pendaftaran Santri Baru Tahun Ajaran 2020/2021