SEKILAS INFO
: - Monday, 18-10-2021
  • 2 minggu yang lalu / Cendekiawan Muslim VI ? Sudah daftar belum….?
  • 2 tahun yang lalu / Selamat datang di website resmi Muhammadiyah Boarding School (MBS) Tarakan.
PENGUMUMAN KELULUSAN KELAS 9 TAHUN AJARAN 2019/2020

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Segala puji bagi Allah Subhanallahu wa Ta’ala atas segala limpahan rahmat-Nya, taufik-Nya serta hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga selalu terlimpah curahkan kepada suri tauladan kita yaitu Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, sahabatnya dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Bapak / Ibu wali santri kelas 9 yang kami muliakan,
Alhamdulillah santri kelas 9 telah menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan di pondok pesantren selama kurang lebih 3 tahun. Pasti terdapat suka dan duka selama menempuh Pendidikan di pondok pesantren. Tanpa kita sadari tibalah mereka pada ujung dermaga yang kedua yang dalam sistem Pendidikan kita di Indonesia di kenal dengan istilah kelulusan tingkat SMP.

Perlu kiranya kami memberikan penyegaran kembali mengenai sistem Pendidikan di pondok pesantren yang kita cintai ini. Bahwasanya, jenjang Pendidikan yang kita terapkan yaitu selama 6 tahun (3 tahun di tingkat SMP & 3 tahun di tingkat SMA). Sehingga pada hakikatnya kita tidak mengenal istilah kelulusan di pertengahan tingkat atau jenjang dan hanya mengenai kenaikan kelas setiap tahunnya. Kelulusan yang hakiki dalam sistem Pendidikan kita yaitu menyelesaikan Pendidikan selama 6 tahun yang dibuktikan dengan ijazah pesantren dan beberapa rangkaian tes sebelumnya.

Namun, kami juga tidak memungkiri bahwa adanya beberapa pihak orang tua / wali santri yang ingin mencukupkan Pendidikan anaknya hanya selama 3 tahun saja. Dan, kami memahami hal tersebut. Insya-Allah itu yang terbaik buat anaknya dan pondok pesantren. Tentunya kami senantiasa berpesan bahwa bagi yang tidak melanjutkan jenjang di kelas 4 (setingkat SMA), maka usahakanlah masuk di instansi Pendidikan yang kredibel, berkualitas baik bobot pelajaran umum dan terutama agamanya. Jangan sampai kita memasuki sebuah lingkungan Pendidikan baru yang sangat minim sekali bobot pelajaran agamanya. Karena amat di sayangkan apabila bekal ilmu agama yang telah di dapat sebelumnya tidak dapat dilanjutkan sebagaimana mestinya.

Bagi santri kami yang melanjutkan di jenjang / kelas 4, maka kami mengucapkan selamat kepada antum semuanya. Insya-Allah itu keputusan yang terbaik. Yakinlah masih banyak Mutiara ilmu dan hikmah yang akan kalian dapatkan nanti. Nikmatnya menuntut ilmu di pondok pesantren adalah segala hal yang kita lakukan dari bangun hingga tidur kembali semuanya akan bernilai ibadah di sisi Allah Ta’ala. Bukankah ini hal yang sangat membahagiakan? Bukankah ini hal yang sangat kita harapkan? Bahwasanya mudah – mudahan selama hidup kita dan akhir hayat kita senantiasa dalam kebaikan dan keberkahan. dan Akhirnya orang tua kita pun yang akan memperoleh manfaatnya.

Sebagai penutup dari kata pengantar ini, kami selaku Wadir Bidang Kurikulum Pesantren sekaligus mewakili seluruh elemen pesantren meminta maaf apabila selama anak bapak / ibu sekalian menuntut ilmu di pesantren terdapat banyak kekhilafan dan kekurangan. Sungguh kami hanya bisa merencanakan dan berusaha memberikan yang terbaik. Adapun kekurangan merupakan bagian dari ketentuan yang tidak dapat kami hindari sebagaimana fitrah kita sebagai manusia biasa.

Untuk santri yang melanjutkan di tempat lain, maka kami senantiasa mendoakan yang terbaik buat kalian semua. Jadilah santri yang dapat membanggakan orang tua dan agama kita yaitu agama Islam ini. Bagi yang melanjutkan di kelas 4, maka segera mantapkan tekad dan senantiasalah berdoa semoga Allah memudahkan kita dalam menuntut ilmu dan menyelesaikan Pendidikan di pesantren hingga 6 tahun dengan baik dan di berkahi oleh Allah Ta’ala.

آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ

Tertanda,

Wakil Direktur Bidang Kurikulum
Kepala SMP MBS Tarakan

al Fakir, Abdul Rahmad.


Tata Cara Mengunduh File Surat Keterangan Kelulusan :

  1. Klik tulisan di samping : File Surat Ket. Kelulusan 2019/2020
  2. Silakan cari file surat kelulusan sesuai dengan nama santri yang bersangkutan.
  3. Silakan masukkan password untuk mengunduh file tersebut. Password di dapat dari tanggal lahir santri. Contoh, Fulan A lahir pada tanggal 01 Januari 2004 maka passwordnya adalah “010104”.
  4. Setelah memasukkan file password dengan benar, maka file surat kelulusan sudah siap di unduh.

Catatan :

  1. File surat keterangan kelulusan di atas terdiri dari 2 lembar yaitu satu S.Ketlus berisi mata pelajaran formal dan satu S.Ketlus berisi mata pelajaran kepesantrenan.
  2.  S.Ketlus di atas dapat digunakan untuk mendaftar di jenjang SMA bagi yang tidak melanjutkan di pondok pesantren atau kelas 4. Bagi yang lanjut, maka cukup sebagai informasi pengetahuan saja.
  3. Apabila membutuhkan legalisir S.Ketlus maka bisa menghubungi Ustadzah Nirwana (wa.me/6282353494665) atau langsung mendatangi kantor TU kampus 1 MBS Tarakan pada hari senin – sabtu pukul 08.00 – 11.00 Wite.
  4. File rapor akan di upload 1 hari setelah Muqaddimah dan pengumuman kelulusan ini terbit via Website dan Social Media.
Pengumuman sebelumnyaPengumuman Raport Kenaikan Kelas dan Info Seputar Kegiatan Pra Pondok Pengumuman setelahnyaPembukaan Penerimaan Santri Baru MBS Tarakan Tahun 2021/2022

Maps Sekolah

Pengumuman

CENDEKIAWAN MUSLIM VI

Pembukaan Penerimaan Santri Baru MBS Tarakan Tahun 2021/2022

PENGUMUMAN KELULUSAN KELAS 9 TAHUN AJARAN 2019/2020